Selasa, 19 Mei 2009

Siapa pembuat Facebook?

. Selasa, 19 Mei 2009


Mark Elliot Zuckerberg lahir 14 mei 1984 yang berumur 24 tahun. Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah seorang progammer komputer dan pengusaha asal Amerika serikat. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hugnes. Saat ini ia menjabat sebagai CEOFacebook.

Mungkin ini tadinya tidak pernah diduga oleh Mark Zuckerberg, founder dan pendiri dari Facebook yang sekarang menjadi miliarder termuda di Amerika bahkan di dunia. Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika tap dengan adanya Facebook ini siapa sangka situs jaringan pertemanan antar kalangan kampus kemudian bisa menghasilkan ajang pertemanan yang mendunia dan menjadi trend saat ini.

Facebook sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Sebagai mahasiswa Harvard University, ia saat itu mencoba membuat satu program yang bisa menghubungkan teman-teman satu kampusnya. Karena itulah, nama situs yang digagas oleh Mark adalah Facebook. Nama ini ia ambil dari buku Facebook, yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam satu kampus. Pada sejumlah kampus dan sekolah di Amerika Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang baru agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan.

Pada sekitar tahun 2004, Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asrama yang ditinggalinya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Pria kelahiran

Mei 1984 itu lantas mengumumkan situsnya dan menarik rekan-rekannya untuk bergabung. Hanya dalam jangka waktu relatif singkat, sekitar dua minggu, Facebook telah mampu menjaring dua per tiga lebih mahasiswa Harvard sebagai anggota tetap.

Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya, Bill Gates, yaitu memilih drop out untuk serius mengerjakan situsnya itu. Bersama tiga rekannya, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum.

Mark ternyata tak hanya sekadar nekad. Ia punya banyak alasan untuk lebih memilih serius terhadapa Facebook. Mark dan rekannya berhasil membuat Facebook jadi situs jaringan pertemanan yang segera melambung namanya, mengikuti tren Friendster yang juga berkembang kala itu. Tapi, agar punya nilai lebih, Mark pun mengolah Facebook dengan berbagai fitur tambahan yang tidak dipunyai Friendster. Dan sepertinya kelebihan fitur inilah yang membuat Facebook makin digemari.

Bahkan kemudian, Friendster pun latah mengikuti trik-trik dari Facebook. Bayangkan, ada sekita 9.373 aplikasi yang terbagi dalam 22 kategori yang bisa dipakai untuk menyemarakkan halaman Facebook, mulai chat, game, pesan instan, sampai urusan politik dan berbagai hal lainnya. Hebatnya lagi, sifat keanggotaan situs ini sangat terbuka. Jadi, data yang dibuat tiap orang lebih jelas dibandingkan situs pertemanan lainnya. Hal ini yang membuat orang makin nyaman dengan Facebook untuk mencari teman, baik yang sudah dikenal ataupun mencari kenalan baru di berbagai belahan dunia.

Sejak kemunculan Facebook tahun 2004 silam, anggota terus berkembang pesat. Prosentase kenaikannya melebihi seniornya, Friendster. Situs itu tercatat sudah dikunjungi 60 juta orang dan bahkan Mark Zuckerberg berani menargetkan pada tahun 2008 ini, angka tersebut akan mencapai 200 juta anggota.

Dengan berbagai keunggulan dan jumlah peminat yang luar biasa, Facebook menjadi ‘barang dagangan’ yang laku keras. Tak heran, raksasa software Microsoft pun tertarik meminangnya. Dan, konon, untuk memiliki saham hanya 1,6 persen saja, Microsoft harus mengeluarkan dana tak kurang dari US$ 240 juta. Ini berarti nilai kapitalisasi saham Facebook bisa mencapai US$15 miliar! Tak heran, Mark kemudian dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri.

Kejelian Mark dalam melihat peluang dan sekaligus menemukan Jiwanya memang menjadi hal yang luar biasa. Niatnya yang hanya untuk sekedar menyatukan komunitas kampusnya, berbuah manis dan berdampak besar bagi banyak orang. Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders.

Sumber:
http://arifjayarana.wordpress.com

Baca juga yang ini



10 komentar:

torik mengatakan...

wah hebad ya umurnya masih mudah, kapan nie ya saya bisa seperti beliau..

Ravatar mengatakan...

Berani ambil resiko buat maju..membuat hasilnya sangat luar biasa...mantap

Anonim mengatakan...

=))

BIK Pemula mengatakan...

Salam kenal
Tipsnya menarik, makasih sudah share informasinya.
Btw, hari ini saya mendapat award backlink, dan di award tersebut mewajibkan si penerima award untuk menyebarkan award ke sobat blogger lainnya guna menjalin persahabatan sekaligus meningkatkan backlink melalui saling bertukar link.. Saya berharap sobat bisa menerima award tersebut. Jika sobat berkenan silahkan dilihat di blog saya
http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com/2010/07/award-backlink-blog.html
Terimakasih

Unknown mengatakan...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Unknown mengatakan...

bukannya penemu fb tu orang indonesia ya... Dan dia seorang pemulung...

Anonim mengatakan...

Hi there, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just wondering if you get
a lot of spam responses? If so how do you stop it, any plugin or anything you can advise?
I get so much lately it's driving me insane so any support is very much appreciated.

Also visit my webpage glucosamine chondroitin msm benefits

Unknown mengatakan...

SIP

kiki mengatakan...

:x

Ichat Streetcore mengatakan...

Congratulation..!!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Sekarang jam WIB

 

Yang terbaru nih

Komentar baru

copyright (c) 2009 blogdausz.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com